Pengaruh Kuliah Daring Terhadap Motivasi Belajar Taruna Prodi Transportasi di STIMARYO

Main Article Content

Himawan Aditya Pratama Sumardi Sumardi Devi Triyani Fatrodin Fatrodin

Abstract

Sistem pembelajaran daring dapat berjalan dengan optimal apabila tiga faktor penting yang mendukung terpenuhi, di antaranya adalah sumber daya manusia, sarana dan prasana, serta implementasi di lapangan atau desain perkuliahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kuliah daring berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar taruna prodi transportasi di STIMARYO di Yogyakarta selama masa pandemi Covid-19. Pengumpulan data   menggunakan angket berupa Google Form yang disebarkan kepada 88 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil analisis deskriptif variabel penelitian diperoleh hasil bahwa pada dasarnya kuliah daring belum efektif dan efisien jika dibandingkan dengan kuliah luring atau tatap muka, dan kuliah daring di masa pandemi Covid-19 ini belum berjalan optimal dan maksimal. Sedangkan berdasarkan hasil analisis regresi linear sederhana menunjukkan kuliah daring berpengaruh positif terhadap motivasi belajar mahasiswa pada taruna prodi transportasi di STIMARYO.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Wahyudin D, Karim A, Saepurrohman A. Pengelolaan Pembelajaran Jarak Jauh : Kajian Dasar Hukum dan Respon Mahasiswa. Digit Libr UIN Sunan Gunung Jati [Internet]. 2020;1–11. Available from: http://digilib.uinsgd.ac.id/30652/.

Tabun, Melkianus Albin. "PENGARUH KULIAH DARING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA DI DAERAH JABODETABEK SELAMA MASA PANDEMIK COVID-19." EduTeach: Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran 2, no. 2 (2021): 21-31.

Afifuddin, N. (2009). Perbedaan pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan group investigation (gi) terhadap prestasi belajar biologi ditinjau dari motivasi berprestasi siswa (Doctoral dissertation, UNS (Sebelas Maret University)).

W. A. Prodjo, “Mendikbud Nadiem Akui Sulitnya Proses Adaptasi Daring Learning,” 2020.

B. Setiawan and A. Muntaha, “Unsur-unsur Fundamental Penelitian Sosial,” 2014.

T. Wijaya, Metode Penelitian Ekonomi dan Bisnis. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2013.

S. Suliyanto, Metode Penelitian Bisnis untuk Skripsi, Tesis, & Disertasi. Yogyakarta: Andi Offset, 2018.

D. Priyatno, Mandiri Belajar SPSS (Statistical Product and Service Solution) Untuk AnalisisData & Uji Statistik. Yogyakarta: MediaKom, 2008.

N. P. D. Ermawati and I. K. Ardana, “Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Budaya Organisasi dan Motivasi Terhadap Komitmen Organisasional Pada BPR Di Kabupaten Klungkung,” E-Jurnal Manaj. Univ. Udayana, vol. 7, no. 11, pp. 6326–6359, 2018.