Optimalisasi Kinerja Keagenan terhadap Target Muatan Kapal Ro-Ro PT.Atosim Lampung Pelayaran Cabang Semarang

Main Article Content

Adani Amrulloh Cahya Fajar Budi Hartanto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab kurangnya muatan dari agen yang mengakibatkan target muatan kapal Ro-Ro milik PT. Atosim Lampung Pelayaran Cabang Semarang tidak terpenuhi dan upaya untuk menanganinya. Selain itu juga untuk mengetahui kendala yang dialami unit muatan dari agen saat proses kegiatan pemuatan kapal Ro-Ro dan penyebab kurangnya pengetahuan dari sopir mengenai proses pemuatan. Metode pengumpulan data dengan observasi di perusahaan, wawancara dengan pihak pimpinan dan operasional perusahaan, dan studi pustaka. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa PT. Atosim Lampung Pelayaran Cabang Semarang perlu menjalin kerja sama dengan mitra agen agar dalam pemenuhan terget muatan. Selain itu juga perlu menjalin kerja sama dengan para sopir unit kendaraan agar dalam setiap proses pemuatan dapat mengurangi risiko kendala atau hambatan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Fakhrurrozi. (2017). Penanganan, Pengaturan dan Pengamanan Muatan Kapal. Deepublish.

Novita, D. (2016). Optimalisasi Muatan pada Kapal Type Three-in-One Guna Meningkatkan Pendapatan Perusahaan di PT. Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) Cabang Tanjung Priok. Logistik D III Transportasi UNJ, 9(2), 11–18. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/logistik/article/view/13865

Soewedo, H., & Kosasih, E. (2014). Manajemen Perusahaan Pelayaran. Rajawali Press.

Sudjatmiko, F. D. C. (2017). Pokok-Pokok Pelayaran Niaga. Patriangga.

Suyono, R. P. (2007). Shipping : Pengangkutan Intermodal Ekspor Impor Melalui Laut. PPM.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 17 Tahun 2008 Tentang Pelayaran. (2008).

Utami, T., & Dewi, A. M. (2020). Peningkatan Pelayanan Muatan Kendaraan pada Kapal KM. Mutiara Timur 1. Majalah Ilmiah Gema Maritim, 22(2), 147–155. https://doi.org/10.37612/gema-maritim.v22i2.109

Yuliana, & Poli, S. (2018). Analisis Pelayanan Tiket terhadap Kepuasan Penumpang KM. Sinabung pada PT . Pelayaran Nasional Indonesia Cabang Surabaya. Jurnal Aplikasi Pelayaran Dan Kepelabuhanan, 9(1), 74–83.