Pengaruh Pelayanan Jasa Keagenan Kapal Terhadap Kuantitas Kedatangan Kapal Pada PT. Sumber Wahana Maritim

Main Article Content

Sumarwanto Sumarwanto Pratama Zonna Rizky Evada Rustina Lestari Sri Sayekti Agustina Vita

Abstract

Tingginya tingkat persaingan antara perusahaan keagenan kapal menjadikan sebagai salah satu acuan bagi setiap perusahaan dalam meningkatkan kualitas pelayanan jasa yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pelayanan jasa keagenan pada kapal muatan curah cair terhadap kuantitas kedatangan kapal pada PT. Sumber Wahana Maritim di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Analisis data menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan jasa keagenan pada kapal muatan curat cair berpengaruh positif dan signifikan terhadap kuantitas kedatangan kapal pada PT. Sumber Wahana Maritim di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Pada saat terjadi kenaikan nilai pada Pelayanan Jasa Keagenan Kapal sebesar 1 angka, akan menyebabkan kenaikan nilai sebesar 0,209 pada Kuantitas Kedatangan Kapal. Begitupun yang terjadi saat ada penurunan nilai 1 angka pada Pelayanan Jasa Keagenan Kapal, akan menurunkan nilai sebesar 0,209 pada Kuantitas Kedatangan Kapal. Pelayanan jasa keagenan memiliki kekuatan dalam memengaruhi kuantitas kedatangan kapal sebesar 99,7%, sedangkan sisanya sebesar 0,3% merupakan pengaruh dari variabel lain yang tidak dimasukkan ke dalam penelitian.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Fattah, B. F. B., Iswanto, I., Astriawati, N., & Widyanto, H. (2022). Prosedur Clearance In Dan Clearance Out Kapal Milik PT. Salam Pacific Indonesia Lines. Majalah Ilmiah Bahari Jogja, 20(1), 87–96.

Darussalam, M. I., Amaliya, L., & Rustina, E. (2023). Analisis Pengaruh Jumlah Kunjungan Kapal Terhadap Fuel Surcharge Pada PT. Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 Jambi. Jurnal Manajemen Transportasi Laut (JMTL), 1(1), 51–58.

Fajrian, M. M., Nufus, R. K., & Rizqiyani, S. (2023). Peningkatan Keselamatan Pelayaran Melalui Sistem Penanganan Dokumen Keagenan Kapal Pada PT. Riandy Fiesta Samudera. Jurnal Manajemen Transportasi Laut (JMTL), 1(1), 26–37.

Ginting, C., Randa Sembiring, M., & Adiguna Maritim Medan, P. (2020). Pengaruh Waktu Pengerjaan Warta Kedatangan Kapal Pada Sistem Online Inaportnet. Journal of Maritime and Education, 2(2), 108–111. https://ejournal.poltek-amimedan.ac.id/index.php/jme

Gunawan Malau, A., Simatupang, D., & Igriva. (2019). Upaya Meningkatkan Pelayanan Jasa Keagenan Kapal Guna Menambah Jumlah Kunjungan Kapal Pada PT Pertamina TBBM Cabang Pontianak. Jurnal STIPJakarta, 1(1), 175–185. https://doi.org/10.36101/pcsa.v1i1.105

Iswanto, I., Astriawati, N., Handojo, B., & Hendrawan, A. (2023). Efforts To Reduce Gaps In System And Procedure Irregularities At Ports. International Journal of Economics, Business and Innovation Research, 2(02), 58–66

Rustina, E. (2021). Metodologi Penelitian. Bening Pustaka.

Rustina, E., Pratama, D., Istiyani, F., Ramadhan, G., & Wisana, J. (2023). Pelayanan Agen Pelayaran Dalam Aktivitas Kepelabuhan (Andriyanto, Ed.). Underline.

Rustina, E., Pratama, D., Wisana, J., Moiyo, L., Endaryanti, D., & Nur Utami, E. (2023). Pengaruh Layanan Kapal Terhadap Pendapatan PT. Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 1 Cabang Dumai. METEOR STIP MARUNDA Jurnal Penelitian Ilmiah Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran, 16(01), 7. http://ejournal.stipjakarta.ac.id

Shohibul Anwar, M., & Nuryaman, D. (2021). Peranan Perusahaan Keagenan terhadap Pengoperasian Kapal Niaga: Studi Kasus. Dinamika Bahari, 2(1), 72–85. https://doi.org/10.46484/db.v2i1.255

Sugiyono. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.

Sujarweni, V. W. (2014). Metodologi Penelitian. Pustaka Baru.

Suwandi, Rustina, E., Sumarwanto, Sayekti Lestari, S., & Kaukabun Nufus, R. (2023). Pelayanan Jasa Keagenan Pengurusan Endorsement Dokumen Kapal Dalam Rangka Kelancaran Berlayar. MAMEN (Jurnal Manajemen), 2(3), 406–417. https://doi.org/10.55123/mamen.v2i3.2290

Vega F. Andromeda, & Fathnurrokhim A.F. Ramadhan. (2017). Upaya Mengoptimalkan Kebersihan Ruang Muat Sebelum Pemuatan. Jurnal Dinamika Bahari, 8(1), 1899–1911. https://doi.org/10.46484/db.v8i1.65

Wibowo, T. A., Sijabat, P., & Dormawaty, R. (2021). Pengaruh Pelayanan Jasa Keagenan Terhadap Jumlah Kunjungan Kapal Di PT Barakomindo Shipping Dumai Riau. METEOR STIP MARUNDA Jurnal Ilmiah Nasional Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta, 14(2), 14–19. https://doi.org/10.36101/msm.v14i2.189

Widyanto, H., Astriawati, N., Suyanti, S., & Fikri, F. (2023). Aktivitas Port Clearance Pengurusan Dokumen PT. Pelayaran Sumatra Timur Indonesia. Jurnal Maritim Polimarin, 9(1), 7–13

Yusuf, R., Rustina, E., & Agustina, V. (2023). Efektivitas Pelaksanaan Keagenan Pada Kapal KM Samudera Mas Untuk Memperlancar Distribusi Jagung Ke Wilayah Surabaya. Jurnal Manajemen Transportasi Laut (JMTL), 1(1), 1–11.