Dampak Gangguan Kompresor Udara Di Km Pulau Layang

Main Article Content

Andi Hendrawan Yohanes Ragil Purnomo

Abstract

Kompresor udara merupakan pesawat yang menghasilkan udara kerja untuk selanjutnya dipergunakan untuk keperluan-keperluan antara lain: menjalankan motor induk atau motor bantu, untuk keperluan-keperluan kebersihan, pesawat yang dijalankan memakai angin, untuk alat-alat kontrol dan lain sebagainya. Meninjau dari pengalaman yang telah ada bahwa peranan perawatan terhadap kerja kompresor sangat berpengaruh terhadap kelancaran pengoperasian kapal. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui apa saja gangguan pada kompresor udara di KM Pulau Layang, (2) Dampak yang ditimbulkan dari adanya gangguan pada kompresor di KM Pulau Layang dan, (3) Perawatan yang dilakukan guna mencegah adanya gangguan kompresor udara di KM Pulau Layang. Metode pengumpulan data yang dipakai peneliti yaitu dengan metode observasi, interview/wawancara, dokumentasi dan study pustaka. Metode analisis data yang digunakan dalam karya tulis ini adalah metode deskriptif kualitatif. Dari keseluruhan hasil penelitan dan analisa terhadap penyebab gangguan kompresor udara pada kapal yaitu: (1) mengatasi gangguan tersebut, antara menggantian dengan ring piston yang baru, (2) Melakukan perawatan rutin pada dinding silinder kompresor, (3) mengganti packing dan seal kompresor yang baru Ring piston aus, (2) Dinding silinder aus, (3) Kerusakan pada packing, (4) Gangguan pada katup tekanan rendah dan tekanan tinggi (5) Kurangnya perawatan pada minyak lumas. Agar kompresor tetap berada pada kondisi yang baik, maka perlu perawatan dan cara (4) Memeriksa katup tekanan rendah dan tekanan tinggi, (5) Meningkatkan perawatan pada minyak lumas

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Budiyarti, P., Prayitno, O. T., & Hendrawan, A. (2022). Sistem Hibrida dalam penyediaan Energi di Kapal. Majalah Ilmiah Bahari Jogja (MIBJ), 20(2), 211–217.

Dwiono, A. S., Hendrawan, A., & Pramono, S. (2021). Perbaikan Lambung Kapal KM. Harima PT. CSFI-Cilacap. Dinamika Bahari, 2(1), 56–61. https://doi.org/10.46484/db.v2i1.261

Fane, D. S., Sutanto, R., & Mara, M. (2012). Pengaruh Konfigurasi Tabung Kompresor Terhadap Unjuk Kerja Pompa Hidram. Dinamika Teknik Mesin, 2(2), 62–66. https://doi.org/10.29303/d.v2i2.95

Hendrawan, A. (2017). Analisis Potensi Pembangkit Listrik Tenaga OTEC (Ocean Thermal Energi Conversion) Wilayah Kalianget Donan Cilacap. Bahari Jogja, XV, 66–79.

Hendrawan, A., Ajun, R., Siswadi, & Supari. (2021). Penyebab Kerusakan Electro Motor Oil Max Pump pada Mesin Induk di KM . Dharma Kartika IX. Jurnal Saintara, 5(2), 28–35.

Hendrawan, A., Dwiono, A. S., & Pramono, S. (2022). Perilaku Temperatur Minyak Lumas Pada Kapal. Dinamika Bahari, 3(1), 52–59. https://doi.org/10.46484/db.v3i1.300

Hendrawan, A., Pratomo, L. H., & Siswad. (2021). Perawatan Electro Motor Oil Max Pump pada Mesin Induk KM Dharma Kartika IX. Saintara : Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Maritim, 5(2), 28–35. https://doi.org/10.52488/saintara.v5i2.104

Hendrawan, A., Sucahyawati, H., Cahyandi, Ik., & Indriyani, I. (2018). STRES KERJA DAN KELELAHAN KERJA PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR. Jurnal EMA – Jurnal Ekonomi Manajemen Akuntansi, 3(1), 0–11. https://doi.org/10.5281/zenodo.1134034

Hendrawan, A., Sucahyowati, H., & Cahyandi, K. (2019). Analisis Kemampuan Taruna Akademi Maritim Nusantaradalam Memahami Konsep Fisika Mekanika. Cakrawala Jurnal Pendidikan, 13(1).

Irawan, D. (2016). Penggunaan Alat Kompresor Pada Motor Bakar Torak Sebagai Fungsi Tambahan Kendaraan Roda Dua. Turbo : Jurnal Program Studi Teknik Mesin, 1(1). https://doi.org/10.24127/trb.v1i1.88

Prayogo, S., Basyirun, & Rahardjo, W. (2017). Keefektifan Penggunaan Media Animasi Macromedia Flash Pada Materi Kompresor. Automotive Science and Education Journal, 2(2), 34.

Rachman, A., & Rizki, G. (2020). Optimalisasi Perawatan Kompresor Udara Guna Menunjang Operasional Mesin Induk di Kapal MT Java Palm. Meteor STIP Marunda, 13(2), 66–70.

Setiawan, M. A., & Riyanto, I. (2019). Sistem Kendali Tekanan Udara Pada Kompresor Dengan Pengaturan Kecepatan Motor 3 Fasa. Maestro, 2(1), 204–211.

Sularso & Tahara. (1983). Pompa dan Kompresor. Pt Pradina Paramita Jakarta, 7(9), 1689–1699.

Sumantri, A. H. (2013). ANALISIS RPN TERHADAP KEANDALAN INSTRUMENTASI KOMPRESOR UDARA MENGGUNAKAN METODE FMEA DI PT. PERTAMINA (PERSERO) REFINERY UNIT II DUMAI. FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU PEKANBARU, 1–82.

Susanto, A. D., & Azwir, H. H. (2018). Perencanaan Perawatan Pada Unit Kompresor Tipe Screw Dengan Metode RCM di Industri Otomotif. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 17(1), 21. https://doi.org/10.23917/jiti.v17i1.5380

Zein, I., Mulyati, D., & Saputra, I. (2019). Perencanaan Perawatan Mesin Kompresor Pada PT. Es Muda Perkasa Dengan Metode Reliability Centered Maintenance (RCM). Jurnal Serambi Engineering, 4(1), 383. https://doi.org/10.32672/jse.v4i1.848