Optimalisasi Prosedur Pelayanan Kapal Oleh PT. Salam Pasific Indonesia Lines
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah mengoptimalkan prosedur pelayanan keagenan oleh PT.Salam Pacific Indoesia Lines (SPIL) di Pelabuhan Dwikora Pontianak agar dapat dilakukan lebih optimal sekaligus untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi dalam prosedur pelayaan keagenan Oleh PT. Salam Pacific Indonesia Lines (SPIL) di Pelabuhan Dwikora Pontianak. Metodologi yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi (pengamatan), metode interview (wawancara) dan metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prosedur pelayanan keagenan oleh PT. Salam Pasific Indonesia Lines (SPIL) cabang Pontianak dilaksanakan dengan sangat baik dan lancar. Dalam rangka optimalisasi prosedur pelayanan kedatangan kapal terdapat 8 prosedur kegiatan diantaranya: perencanaan dan penetapan windows kapal di pelabuhan (ploting), keagenan kedatangan kapal (clearance in), warta kedatangan kapal, penyandaran kapal, pelayanan kapal selama di pelabuhan, prosedur kapal pindah / shifting, prosedur kapal keluar dari tambatan ke ambang luar, keberangkatan kapal (clearance out). Beberapa kendala yang dihadapi pada pelayanan jasa kapal diantaranya panjang dan lebar alur pelayaran yang sempit di Pelabuhan Dwikora Pontianak, kedalaman air (draft air) yang kurang dalam dan keterlambatan estimasi karena faktor cuaca dan kegiatan.
Downloads
Article Details
References
Azizah, N. (2023). Sistem Pelayanan Pengiriman Petikemas Dengan Menggunakan Myspil Oleh Pt. Salam Pacific Indonesia Lines Cabang Pekanbaru. Politeknik Negeri Bengkalis.
Dewi, S. M., & Nugroho, A. M. T. (2018). Sistem Voyage Charter Dalam Pengadaan Kapal Laut Di Pt Pupuk Indonesia Logistik. Muara: Jurnal Manajemen Pelayaran Nasional, 1(1), 24–33.
Fadhallah, R. A. (2021). Wawancara. Unj Press.
Fattah, B. F. B., Iswanto, I., Astriawati, N., & Widyanto, H. (2022). Prosedur Clearance In Dan Clearance Out Kapal Milik Pt. Salam Pacific Indonesia Lines. Majalah Ilmiah Bahari Jogja, 20(1), 87–96.
Gultom, E. (2017). Pelabuhan Indonesia Sebagai Penyumbang Devisa Negara Dalam Perspektif Hukum Bisnis. Kanun Jurnal Ilmu Hukum, 19(3), 419–444.
Iswanto, I., Astriawati, N., Handojo, B., & Hendrawan, A. (2023). Efforts To Reduce Gaps In System And Procedure Irregularities At Ports. International Journal Of Economics, Business And Innovation Research, 2(02), 58–66.
Kadarisman, M., Yuliantini, Y., & Majid, S. A. (2016). Formulasi Kebijakan Sistem Transportasi Laut. Jurnal Manajemen Transportasi & Logistik, 3(2), 161–183.
Moleong, L. J. (2019). Meleong.
Muslim, A., Hanik, K., & Astriawati, N. (2022). The Effect Of Plan Maintenance System And Crew Readiness On The Smooth Operation Of Mv. Asike Global At Pt. Pelayaran Korindo Jakarta. Brilliant International Journal Of Management And Tourism, 2(3), 206–215.
Retnowati, W. (2023). Optimalisasi Pelayanan Proses Penyandaran Kapal Pada Perusahaan Keagenan Pt. Serasi Shipping Indonesia. Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta.
Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kuantitatif: Quantitative Research Approach. Deepublish.
Sari, R. D. A. K., & Sodikin, M. (2023). Proses Penanganan Kedatangan Dan Keberangkatan Kapal Mv Manalagi Enzi Oleh Pt Samudera Makmur Agensi Cabang Cilacap. Muara: Jurnal Manajemen Pelayaran Nasional, 6(1).
Sasono, H. B. (2021). Manajemen Pelabuhan Dan Realisasi Ekspor Impor. Penerbit Andi.
Saulina, H. (2009). Pelaksanaan Perjanjian Carter Kapal Tanker Berdasarkan Waktu (Time Charter)(Studi Kasus Di Pt. Bahtera Sama Rasa). Uajy.
Soemarmi, A., Indarti, E., Pujiyono, P., & Diamantina, A. (2019). Konsep Negara Kepulauan Dalam Upaya Perlindungan Wilayah Pengelolaan Perikanan Indonesia. Masalah-Masalah Hukum, 48(3), 241–248.
Suparman, S., Taruna, T., & Simbolon, A. J. (2022). Proses Pemuatan Countainer Ke Atas Kapal Km. Pahala Pada Pt. Salam Pacific Indonesia Lines Cabang Palembang. Journal Of Maritime And Education (Jme), 4(1), 353–357.
Supartini, S., Iswanto, I., Astriawati, N., Dekanawati, V., & Alfanzuri, N. K. H. (2022). Pelayanan Jasa Impor Barang Dalam Masa Pandemi. Dinamika Bahari, 3(2), 114–123.
Tawaris, M. T. (2021). Pelayanan Kedatangan Dan Keberangkatan Kapal Asing Pada Pt. Pelayaran Batam Samudra Di Pelabuhan Batu-Ampar Pulau Batam. Jurnal Ilmiah Kemaritiman Nusantara, 1(1), 18–22.
Toby, T. (2018). Optimalisasi Pelayanan Keagenan Kapal Pt. Bias Delta Pratama Melalui Penerapan Standar Operasional Prosedur (Sop) Di Perairan Pulau Galang Batam. Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang.