Penyebab Penyumbatan Sistem Instalasi Bahan Bakar Terhadap Sistem Operasional Kerja Mesin Diesel Penggerak Utama

Main Article Content

Josua Andre Rhisdo T Yeyen Herlina Abdurohman Abdurohman

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor penyebab terjadi penyumbatan pada Sistem Instalasi bahan bakar pada kapal MV. Tanto Damai dan upaya apa yang dilakukan untuk mencegah penyumbatan pada Sistem Instalasi bahan bakar pada kapal MV. Tanto Damai. Metode pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. faktor penyebab sehingga kinerja instalasi bahan bakar tidak maksimal, dan faktor tersebut berupa tersumbatnya filter karena kondisi bahan bakar yang kotor, kinerja Purifier yang terhambat, pengecilan saluran atau sambungan saluran instalasi pipa bahan bakar dan kinerja heater atau pemanas yang kurang maksimal. Masalah utama terhambatnya kinerja mesin induk pada kapal MV. TANTO DAMAI karena instalasi bahan bakar yang tidak bekerja secara maksimal dalam mengoperasikan bahan bakar ke mesin- mesin dalam instalasi kapal. Solusi untuk mengatasi masalah tersebut diantaranya membersihkan filter bahan bakar, Quality control terhadap instalasi pipa bahan bakar, melakukan perawatan pada purifier dan mengganti injector yang sudah tersumbat.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles
Author Biography

Abdurohman Abdurohman, Akademi Maritim Suaka Bahari Cirebon, Jl. Jend. Sudirman No. 156, Ciperna, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat 45171, Indonesia

 

 

References

Abdul, R. H. (2019). Optimalisasi Sistem Pemipaan Di Km. Shinpo 88 Pt. Anugrah Terigas Bahari Pontianak. Karya Tulis.

Aji, A. D. I. P. (2019). Optimalisasi Sistem Pemipaan Di Km. Mutiara Timur 1 Pt. Atosim Lampung Pelayaran Jakarta. Karya Tulis.

Astriawati, N., Subekti, J., & Prasetyo, D. D. (2023). Perawatan Sistem Pelumasan Mesin Utama Akasaka K28fd Pada Kapal Mv. Intan 81. Majalah Ilmiah Bahari Jogja, 21(2), 86–93.

Deliani, M. K., Marwiyah, M., & Saputra, R. (2025). Analisis Risiko Kebakaran Oleh Ledakan Pipa Bertekanan Tinggi Di Kapal. Journal Of Maritime And Education (Jme), 7(1), 772–775.

Hendrawan, A. (2019). Analisa Penyebab Keausan Poros Baling Baling Kapal. Saintara: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Maritim, 4(1), 1–8.

Khusniawati, F., & Palippui, H. (2020). Analisis Perawatan Injector Akibat Penyumbatan Bahan Bakar Pada Main Engine Kapal. Zona Laut Jurnal Inovasi Sains Dan Teknologi Kelautan, 2(2), 43–48. Https://Doi.Org/10.62012/Zl.V1i2.10832

Mahanum, M. (2021). Tinjauan Kepustakaan. Alacrity: Journal Of Education, 1–12.

Muhammad, A. K. (2017). Pengaruh Penurunan Tekanan Pompa Bahan Bakar Terhadap Performa Sepeda Motor 125 Cc Menggunakan Tekanan Pompa Bahan Bakar Pneumatik. Universitas Negeri Jakarta.

Mulattyas, P. R. (2024). Analisis Dampak Kebocoran Pipa Kargo Terhadap Kelancaran Proses Bongkar Muat Di Atas Kapal Mt. Kang Yun. Politeknik Maritim Negeri Indonesia.

Perhubungan, K. (2019). Peraturan Menteri Perhubungan Tentang Pemasangan Dan Pengaktifan Sistem Identifikasi Otomatis Bagi Kapal Yang Berlayar Di Wilayah Perairan Indonesia. Peraturan Menteri Perhubungan, 1–8.

Pramono, S., & Kurniawan, R. D. (2019). Sistim Pipa Kapal Berdaya Mesin 2655 Hp.

Pratama, A. A., Astriawati, N., Waluyo, P. S., & Wahyudiyana, R. (2022). Optimalisasi Perawatan Sistem Pendingin Mesin Utama Di Kapal Mv. Nusantara Pelangi 101. Majalah Ilmiah Bahari Jogja, 20(1), 1–11.

Satrio, J. E. (2019). Pentingnya Pengawasan Bunker Bahan Bakar Kapal Tni-Al Untuk Mengurangi Terjadinya Oil Spill Di Dermaga Koarmada Oleh Pt. Pertamina Trans Kontinental Cabang Surabaya. Repository Pip Semarang, 1–23.

Subekti, J., Wibowo, W., Astriawati, N., & Fadholy, M. H. (2022). Optimalisasi Perawatan Sistem Pendingin Mesin Utama Tipe Hansin Glu28ag Pada Kapal. Dinamika Bahari, 3(1), 60–68.

Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.

Waspodo, W. (2017). Analisa Head Loss Sistem Jaringan Pipa Pada Sambungan Pipa Kombinasi Diameter Berbeda. Suara Teknik: Jurnal Ilmiah, 8(1), 1–12. Https://Doi.Org/10.29406/Stek.V8i1.534

Wibowo, W., & Astriawati, N. (2021). Sistem Pendingin Tertutup Pada Mesin Diesel Tipe Diesel Mak 8m32 Sebagai Penggerak Utama Kapal Motor Lit Enterprise. Jurnal Polimesin, 19(1), 28–34.

Wibowo, W., Astriawati, N., Kristianto, L., & Baskoro, R. (2024). Aktivitas Perawatan Sistem Bahan Bakar Mesin Diesel Tipe 12 Pc4–2v. Majalah Ilmiah Gema Maritim, 26(1), 10–17.