Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education Bidang Teknika Pelayaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Taruna
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education bidang teknika pelayaran terhadap minat belajar taruna. Penelitian ini dilaksanakan di Jurusan Teknika, Akademi Maritim Yogyakarta. Subjek penelitian ini adalah Taruna semester I Tahun Akademik 2018/2019 dengan jumlah peserta didik sebanyak 43 orang yang mengambil mata kuliah Matematika Terapan. Jenis penelitian merupakan penelitian true experiment design dengan melibatkan satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol, desain pre-testpost-test control group design. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas instrumen lembar observasi dan instrumen kuesioner. Data di analisis secara deskriptif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pelaksanaan pendekatan Realistic Mathematics Education sangat berpengaruh untuk meningkatkan minat belajar taruna. Selain itu taruna memiliki respon yang sangat positif terhadap pembelajaran Matematika Terapan dengan menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education.
Downloads
Article Details
References
Astriawati, N. (2017). Diagnosis model pembelajaran Blended Learning dengan teknik scaffolding. Bahari Jogja, XV, 1–12. Retrieved from http://jurnal.amy.ac.id/index.php/MIBJ/article/view/95/93
Hadi, S. (2017). Pendidikan matematika realistik: Teori, pengembangan dan implementasinya. Jakarta: Rajawali Pers.
Nurdiansyah, N., Charitas, R., & Prahmana, I. (2017). Abstrak Learning Circumference Using the Context of Glass, 4(2), 128–140.
Prahmana, R. C. I. (2012, January 17). Pendesainan pembelajaran operasi bilangan menggunakan permainan tradisional tepuk bergambar untuk peserta didik kelas III sekolah dasar (SD). Univesitas Sriwijaya. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.33884.59529
Prahmana, R. C. I., Zulkardi, Z., & Hartono, Y. (2012). Learning multiplication using indonesian traditional game in third grade. Journal on Mathematics Education, 3(2). Retrieved from http://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jme/a rticle/view/570
Pribadi, A., Benny. (2009). Model Desain Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat
Slameto. (1995). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. Edisi revisi .
Sugiyono. (2013). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: Alfabeta.
Wijaya, A. (2012). Pendidikan matematika realistik: Suatu alternatif pendekatan pembelajaran matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Zakaria, E., & Syamaun, M. (2017). The Effect of Realistic Mathematics Education Approach on Students’ Achievement And Attitudes Towards Mathematics. Mathematics Education Trends and Research, 2017(1), 32–40. https://doi.org/10.5899/2017/metr-00093