Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education Bidang Teknika Pelayaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Taruna

Main Article Content

Ningrum Astriawati Yudhi Setiyantara

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education bidang teknika pelayaran terhadap minat belajar taruna. Penelitian ini dilaksanakan di Jurusan Teknika, Akademi Maritim Yogyakarta. Subjek penelitian ini adalah Taruna semester I Tahun Akademik 2018/2019 dengan jumlah peserta didik sebanyak 43 orang yang mengambil mata kuliah Matematika Terapan. Jenis penelitian merupakan penelitian true experiment design dengan melibatkan satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol, desain pre-testpost-test control group design. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas instrumen lembar observasi dan instrumen kuesioner. Data di analisis secara deskriptif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pelaksanaan pendekatan Realistic Mathematics Education sangat berpengaruh untuk meningkatkan minat belajar taruna. Selain itu taruna memiliki respon yang sangat positif terhadap pembelajaran Matematika Terapan dengan menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Ahmad, A., Usodo, B., & Riyadi, R. (2014). Eksperimentasi model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) dan jigsaw II pada materi pokok bangun ruang ditinjau dari kemampuan spasial peserta didik kelas VIII SMP Negeri sekabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2013/2014. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(8), 804–815. Retrieved from http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/s2m ath/article/view/4821

Astriawati, N. (2017). Diagnosis model pembelajaran Blended Learning dengan teknik scaffolding. Bahari Jogja, XV, 1–12. Retrieved from http://jurnal.amy.ac.id/index.php/MIBJ/article/view/95/93

Hadi, S. (2017). Pendidikan matematika realistik: Teori, pengembangan dan implementasinya. Jakarta: Rajawali Pers.
Nurdiansyah, N., Charitas, R., & Prahmana, I. (2017). Abstrak Learning Circumference Using the Context of Glass, 4(2), 128–140.

Prahmana, R. C. I. (2012, January 17). Pendesainan pembelajaran operasi bilangan menggunakan permainan tradisional tepuk bergambar untuk peserta didik kelas III sekolah dasar (SD). Univesitas Sriwijaya. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.33884.59529

Prahmana, R. C. I., Zulkardi, Z., & Hartono, Y. (2012). Learning multiplication using indonesian traditional game in third grade. Journal on Mathematics Education, 3(2). Retrieved from http://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jme/a rticle/view/570

Pribadi, A., Benny. (2009). Model Desain Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat

Slameto. (1995). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. Edisi revisi .

Sugiyono. (2013). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: Alfabeta.

Wijaya, A. (2012). Pendidikan matematika realistik: Suatu alternatif pendekatan pembelajaran matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Zakaria, E., & Syamaun, M. (2017). The Effect of Realistic Mathematics Education Approach on Students’ Achievement And Attitudes Towards Mathematics. Mathematics Education Trends and Research, 2017(1), 32–40. https://doi.org/10.5899/2017/metr-00093