Pembuatan Prototype Sistem Kompressor Udara Start Pada Kapal

Main Article Content

MARUF NUR AZIZ Amad Narto Mohammad Sapta Heriyawan

Abstract

Pada era ini banyak metode pembelajaran yang digunakan dalam dunia pendidikan instansi pelayaran yang ada, salahsatunya adalah metode pembelajaran dengan menggunakan model alat peraga permesinan yang ada di kapal. Sehingga penulis mengambil subjek penelitian membuat sebuah alat peraga salah satu permesinan di atas kapal yaitu pembuatan prototype sistem kompresor udara start pada kapal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pembuatan, sistem kerja, serta manfaat dari prototype  sistem kompresor udara start pada kapal. Metode yang digunakan yaitu Research and Development, merupakan prosescuntuk mengembangkan suatu produk baru atau menyempurnakan produk yang sudah ada, baik itu perangkat keras maupun perangkat lunak. Pembuatan prototype sistem kompresor udara start pada kapal ini memanfaatkan dua buah modul elektronika dimana modul tersebut adalah modul jenis timmer delay relay1 channel, dan modul timmer delay relay 2 channel dimana kedua modul tersebut diprogram langsung dengan tombol yang ada pada modul. Sistem kerja yang ada pada alat peraga ini adalah kompresor mengisi udara pada tabung hingga tekanan mencukupi, kemudia udara bertekanan pada tabung akan digunakan untuk start mesin induk yang berupa simulasi sebuah silinder piston dari mesin 4 tak. Sistem ini dapat berjalan karena adanya kontrol otomatisasi dari modul elektronika.


Kata Kunci: Protoype, Kompresor, Timmer Delay Relay.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Annisah, S. (2017). Alat peraga pembelajaran matematika. Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(01), 1–15.
Arsyad, A. (2013). Media pembelajaran edisi revisi. Jakarta: Rajawali Pers, 24, 4.
Astriawati, N. (2020). Development of interactive media based on videoscribe with realistic mathematics education approach to navigation. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 321–333.
Borg dan Gall. (2015). Pengenalan Metodologi Penelitian danpengembangan. danpengembanganRineka Cipta.
Fitrah, M. (2018). Metodologi penelitian: penelitian kualitatif, tindakan kelas & studi kasus. CV Jejak (Jejak Publisher).
O’Brien, J. A. and G. M. M. (2010). Management System Information. Mc-Graw Hills.
Prasetyo, D. (2018). Evaluasi Hasil Belajar Menggambar Dan Mendesain Mesin Antara Taruna Dari Input Sma Dan Input Smk Dengan Metode Kelompok-Kelompok Kecil Jurusan Tehnika Di Pip Semarang. Dinamika Bahari, 9(1), 2189–2196.
Saifuddin, M. S. I., & Wekke, I. S. (2018). Strategi dan Teknik Penulisan Skripsi. Deepublish.
Tahara, H., & Sularso, P. (2006). Kompresor: Pemilihan, Pemakaian, dan Pemeliharaan. Jakarta: PT. Pradnya Paramita.
Timotius, K. H. (2017). Pengantar Metodologi Penelitian: Pendekatan Manajemen Pengetahuan untuk Perkembangan Pengetahuan. Penerbit Andi.