Penerapan Fungsi Organik Dalam Manajemen Fungsi Command Pada Proses Pembelajaran Single Swinging Derrick’s Operational

Main Article Content

Ade Chandra Kusuma Yudia Pratiwi Joko Poerwanto I Putu Juliartayasa

Abstract

Pembelajaran konteks dengan melakukan peran operator crane dalam memperagakan command berupa aba aba symbol dapat membentuk kemampuan secara kognitif, afektif dan psikomotorik dalam hal Stevedoring. Praktik kemampuan dalam memimpin yang dilakukan di Crane and Holds Model milik STIMARYO dilakukan oleh taruna Studi Nautika dalam pembelajaran single swinging derrick. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah sebagai evaluasi pembelajaran dalam mencapai kompetensi operasional crane dengan capaian Kriteria Ketuntasan Minimal 75. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Metode pembelajaran yang digunakan dalam pencapaian indikator kompetensi operator crane yaitu dengan praktik atau atau role play dengan studi kasus. Dengan menggunakan metode role play atau bermain peran yang dipersiapkan oleh dosen atau instruktur berupa skenario pembelajaran yang dilakukan secara berkelompok. Dalam pelaksanaan skenario pembelajaran ini memiliki indikator berupa ketercapaian kompetensi serta kemampuan command bagi taruna tingkat II semester tiga pada prodi Studi Nautika Sekolah Tinggi Maritim Yogyakarta di media Crane and Holds milik Sekolah Tinggi Maritim Yogyakarta. Hasil yang dicapai terbentuknya kompetensi Taruna dalam kemampuan command dibidang pelayaran khususnya Prodi Studi Nautika.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Arsyad, M. (2014). Analisis Tingkat Pemanfaatan Fasilitas Pangkalan Pendaratan Ikan Bonehalang. Skripsi. Unhas. Makassar.
Astriawati, N., Wibowo, W., & Pratama, W. (2019). Developing Mathematics Learning Materials Based On Co-Prol To Improve Cadets’ Learning Outcomes. Journal Of Physics: Conference Series. Https://Doi.Org/10.1088/1742-6596/1315/1/012059
Astriawati, Ningrum, & Wibowo, W. (2019). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Taruna Melalui Media Berbasis “Whiteboard Animation” Bidang Navigasi Pelayaran. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Dan Pembelajarannya Iv, P-28.
Brech, E., Thomson, A., & Wilson, J. F. (2010). Lyndall Urwick, Management Pioneer: A Biography. Oup Oxford.
Dekanawati, V., Astriawati, N., Santosa, P. S., & Bertho, I. (2021). Pelatihan Digital Leadership 4.0 Bagi Pengurus Osis Smkn 2 Depok. Dedication: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 147–154.
Effendhie, M. (2011). Pengantar Organisasi. Organiasi Tata Laksana Dan Lembaga Kearsipan, 1–90.
Erwinsyah, A. (2017). Manajemen Pembelajaran Dalam Kaitannya Dengan Peningkatan Kualitas Guru. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 69–84.
Fayol, H. (1916). Administration. London: Pitman.
Kusuma, A. C. (2015). Keahlian Pelaut Yang Harus Dimiliki Perwira Dek Di Kapal Niaga. Majalah Ilmiah Bahari Jogja, 13(20), 17–24.
Muhammad, A. W. (2019). Optimalisasi Penanganan Muatan Curah Batubara Pada Kapal Mv. Dk 01 Saat Bongkar Muat. Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang.
Musfialdy, M. (2012). Organisasi Dan Komunikasi Organisasi. Kutubkhanah, 15(1), 83–93.
Najmina, N. (2018). Pendidikan Multikultural Dalam Membentuk Karakter Bangsa Indonesia. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1), 52–56.
Nawawi, H. H. (2003). Manajemen Strategik Organisasi Non Profit Bidang Pemerintahan.
Prastyorini, J., & Syaputra, F. A. (2020). Penukaran Delivery Order Online Dan E-Container Equipment Interchange Receipt Terhadap Impor Barang Menggunakan Petikemas. Majalah Ilmiah Bahari Jogja, 18(1), 57–70.
Sukwiaty, D. (1995). Pengantar Mikro. Jakarta: Binapura Aksara.
Talibo, I. (2018). Fungsi Manajemen Dalam Perencanaan Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Iqra’, 7(1).
Tino, W. (2019). Analisis Pelaksanaan Proses Pemuatan Batu Bara Pada Mv. Kartini Samudra Di Pelabuhan Lubuk Tutung Kalimantan Timur. Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang.