E-Marketing Sebagai Bentuk Pemasaran Darurat Dalam Meningkatkan Minat Pendaftar Pada Masa Pandemi Covid-19

Main Article Content

Vivid Dekanawati Siti Fatimah Cahya Purnomo Sahudiyono Sahudiyono Supartini Supartini Aisyah Atinahsyani

Abstract

Penelitian ini berjudul “E-Marketing sebagai bentuk pemasaran darurat dalam meningkatkan minat pendaftar pada masa pandemi covid-19.” Penelitian ini dilakukan untuk menemukan cara efektif bagaimana menarik perhatian pendaftar sebagai taruna baru di Sekolah Tinggi Maritim Yogyakarta dimasa pandemi Covid-19. Subyek penelitian ini adalah Taruna baru semester satu jurusan Diploma 3 Manajemen Transportasi Laut, Diploma 3 Permesinan Kapal, Diploma 3 Studi Nautika dan S1 Transportasi dikarenakan taruna tersebut masih sangat baru masuk menjadi taruna di Sekolah Tinggi Maritim Yogyakarta. Obyek Penelitian ini adalah E-Marketing, Pemasaran Darurat, Pemasaran di era Pandemi Covid-19 di Sekolah Tinggi Maritim Yogyakarta. Dari sisi perguruan tinggi sekolah maritim yang ada di Yogyakarta ini menunjukkan keunikannya dimana Yogyakarta belum mempunyai pelabuhan komersial untuk kapal-kapal cargo namun mampu mencetak lulusan di bidang kepelabuhanan dan kemaritiman. Hasil penelitian ini adalah variabel-variabel E-Marketing dan Pemasaran Darurat berpengaruh secara simultan terhadap pemasaran yang dilakukan di era Pandemi Covid-19, dimana interaksi tatap muka dibatasi. Pengaruh variabel independen yaitu e-marketing dan pemasaran darurat terhadap variabel dependen pemasaran yang dilakukan di era Pandemi Covid-19 adalah 70%. Sedangkan 30% dipengaruhi oleh variabel lain selain E-Marketing dan Pemasaran Darurat. Ini artinya eletronik marketing sangat efektif untuk menarik minat pendaftar.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Arifin, S. (2020). Marketing Pendidikan. Tadris: Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Pendidikan Islam, 14(1), 112–123.
Astriawati, N. (2016). Penerapan Analisis Regresi Linier Berganda Untuk Menentukan Pengaruh Pelayanan Pendidikan Terhadap Efektifitas Belajar Taruna Di Akademi Maritim Yogyakarta. Majalah Ilmiah Bahari Jogja, 14(23), 22–37.
Astriawati, N., & Pratama, H. A. (2021). Cadets’ Effectivity and Perception on Moodle Online Learning in Economy Mathematics Course. Proceedings of the 1st International Conference on Mathematics and Mathematics Education (ICMMEd 2020), 550, 34–39. https://doi.org/10.2991/ASSEHR.K.210508.039
Dekanawati, V., & Supartini, S. (2019). Pengaruh Kualitas Fungsional Dan Kualitas Teknikal Terhadap Kepuasaan Mahasiswa Peserta Pelatihan Kepabeanan Tahun 2018. Majalah Ilmiah Bahari Jogja, 17(2), 53–62.
Fradito, A. (2016). Strategi pemasaran pendidikan dalam meningkatkan citra Lembaga Pendidikan Islam: Studi Multikasus di SDI Surya Buana dan MIN Malang 2. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Hakim, A. L. (2019). Pengembangan Matriks antar Standar Nasional Pendidikan Tinggi, Akreditasi Perguruan Tinggi dan Akreditasi Program Studi. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 18(2), 42–48.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2010). Principles of marketing. Pearson education.
Lestari, P., & Saifuddin, M. (2020). Implementasi strategi promosi produk dalam proses keputusan pembelian melalui digital marketing saat pandemi covid’19. Jurnal Manajemen Dan Inovasi (MANOVA), 3(2), 23–31.
Madura, D. F. T. I. (2020). DILEMA PERGURUAN TINGGI DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19. Bunga Rampai, 65.
Muhsin, H. (2021). Kampus Merdeka Di Era New Normal. Masa Depan Kampus Merdeka & Merdeka Belajar: Sebuah Bunga Rampai Dosen, 143.
Pertiwi, Y., Astriawati, N., Wibowo, W., & Kristianto, L. (2021). Moodle Virtual Class Effectivity toward Cadets’ Learning Motivation and Speaking Ability. Ethical Lingua: Journal of Language Teaching and Literature, 8(2), 378–383.
Ramadhan, M., & Satibi, H. I. (2021). STRATEGI MARKETING PENDIDIKAN DI MADRASAH (Studi Analisis di MI Plus Jaryul Ulum Kalipurwo Kuwarasan). Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Kebumen.
Raya, M. K. F. (2016). Marketing Jasa Di Institusi Pendidikan (Analisis Pemasaran Dalam Pendidikan). FALASIFA: Jurnal Studi Keislaman, 7(1), 21–52.
Strauss, J., & Frost, R. (2009). E-Marketing, 35, 70, 234. New Jersey: Pearson Education.
Yunus, N. R., & Rezki, A. (2020). Kebijakan pemberlakuan lock down sebagai antisipasi penyebaran corona virus Covid-19. Salam: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(3), 227–238.