Peningkatan Kualitas Pengiriman Barang Melalui Sistem Door To Door (Studi kasus pada PT SPIL Cabang Pontianak)

Main Article Content

Nuryanto Nuryanto Elyatuzaka Elyatuzaka Anggit Ridho

Abstract

Dalam proses pengadaan barang, berbagai kegiatan harus dilalui. Mulai dari lokasi dimana bahan baku itu dihasilkan diangkut ketempat pengolahan untuk menjadikannya bahan jadi yang selanjutnya didistribusikan kepada pelanggan yang tersebar diberbagai tempat harus dilakukan melalui secara efisien, tepat manfaat dalam waktu yang singkat agar harga produk dapat terjangkau oleh konsumen. Dengan demikian peran perusahaan pelayaran sangat penting untuk menunjang distribusi barang dan jasa dari satu tempat ke tempat yang lain.


PT Salam Pacific Indonesia Lines (PT SPIL)  Cabang Pontianak, merupakan salah satu industri pelayaran nasional yang menyediakan jasa pengiriman barang dengan pelayanan logistik sistem door to door,  telah melayani hampir seluruh pulau di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dan tanggung jawab SPIL Cabang Pontianak dalam pelayanan pengiriman barang sistem door to door, dengan menggunakan metode deskriptif yang memusatkan perhatian pada masalah masalah aktual apa adanya,  diperoleh gambaran bahwa PT SPIL)  Cabang Pontianak menerapkan empat area logistik dalam aktivitas logistiknya, dengan sistem door to door service. Empat area logistik tersebut yakni order processing, transportation, material handling, dan facility network design.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Apriani, E., & Nurasmi, N. (2020). PENGENALAN AWAL BUDAYA SUKU TIDUNG MELALUI MEDIA VIDEO ANIMASI UNTUK ANAK USIA SISTEM DOOR TO DOOR DALAM RANGKA MEMUTUS RANTAI PENULARAN COVID-19 DI SEKOLAH RA HANDAYANI. Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo, 4(2), 137–141.
Astriawati, N., & Wibowo, W. (2020). Perawatan Sistem Pendingin Mesin Diesel Pada Whell Loader Komatsu Wa120-3cs. Jurnal Teknovasi: Jurnal Teknik Dan Inovasi, 7(2), 76–85.
Bowersox, D. J., & Closs, D. J. (1997). Brazilian logistics: a time for transition. Gestão & Produção, 4, 130–139.
Cargo, N. (2020). punya bisnis on line? Inilah keuntungan layanan door to door.
Chopra, S., Reinhardt, G., & Dada, M. (2004). The effect of lead time uncertainty on safety stocks. Decision Sciences, 35(1), 1–24.
Coyle, B., & Bardi, E. J. (2003). Langley. A Supply Chain Perspective, 7.
Eviani, I., & Hidayat, Y. R. (2021). Pengaruh Sistem Pelacakan Online dan Ketepatan Waktu Pengiriman Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus J&T Express Kota Baru Bekasi). JURNAL MANAJEMEN LOGISTIK, 1(1), 11–19.
Hasan, I., Syahril, A., Rahmadani, I., Irmalis, A., & Saputra, J. (2020). Investigating the supply chain management of accessibility members of Micro and Small Enterprises (MSEs) on financing capitals in Aceh province, Indonesia. Int. J Sup. Chain. Mgt Vol, 9(1), 952.
Hayati, E. N. (2014). Supply Chain Management (SCM) dan Logistic Management. Jurnal Ilmiah Dinamika Teknik.
Heragu, S. S., Cai, X., Krishnamurthy, A., & Malmborg, C. J. (2008). Striving for warehouse excellence: Savvy material handling tools are helping in Europe. Industrial Engineer, 40(12), 43–48.
Hutapea, T. (2019). ANALISIS KINERJA DAN PRODUKTIVITAS BONGKAR MUAT PETI KEMAS PADA PT. PELABUHAN INDONESIA I CABANG BELAWAN.
Kasengkang, R. (2016). Analisis Logistik (Studi Kasus Pada Pt. Remenia Satori Tepas-Kota Manado). Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(1).
Lambert, D. M. (2008). Supply chain management: processes, partnerships, performance. Supply Chain Management Inst.
Mamahit, V. S., Singkoh, F., & Sampe, S. (2021). Pengaruh Pembangunan Infrastruktur (Jalan) Terhadap Efektivitas Distribusi Pupuk Bersubsidi Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Studi kasus di Kecamatan Mooat). GOVERNANCE, 1(1).
Cetak Biru Pengembangan Sistem Logistik Nasional, 7 Peraturan Presiden Republik Indonesia 1 (2012).
Pokharel, S. (2005). Perception on information and communication technology perspectives in logistics: A study of transportation and warehouses sectors in Singapore. Journal of Enterprise Information Management.
Rahardjo, M. (2011). Metode pengumpulan data penelitian kualitatif.
Rohman, S., & Abdul, F. W. (2021). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KETEPATAN PENGIRIMAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DALAM MENGGUNAKAN JASA PENGIRIMAN BARANG NINJA EXPRESS DI MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Logistik Indonesia, 5(1), 73–85.
Siregar, V. M. M. (2018). Sistem Informasi Pendataan Logistik Aktiva Tetap PT. Bank Central Asia, Tbk Kantor Cabang Pematangsiantar. Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi, 7(3), 250–258.
Situmorang, S. H., Muda, I., Doli, M., & Fadli, F. S. (2010). Analisis data untuk riset manajemen dan bisnis. USUpress.
SPILL, P. (2021). My SPILL.
Wibowo, W., & Astriawati, N. (2021). Sistem Pendingin Tertutup Pada Mesin Diesel Tipe Diesel MAK 8M32 Sebagai Penggerak Utama Kapal Motor LIT ENTERPRISE. Jurnal POLIMESIN, 19(1), 28–34.
Widyanto, H. (2018). Analisis Faktor Penyebab Gagal Bayar Obligasi Syariah Sukuk Ijarah PT Berlian Laju Tanker. Majalah Ilmiah Bahari Jogja, 16(1), 65–89.
Wilson, R. (2005). Council of Supply Chain Management Professionals. 16th Annual State of Logistics Report,” June.