Optimalisasi Perawatan Sistem Pendingin Mesin Utama Di Kapal MV. Nusantara Pelangi 101

Main Article Content

Andriyan Adi Pratama Ningrum Astriawati Paulus Suhardi Waluyo Ruwinta Wahyudiyana

Abstract

Pada mesin penggerak utama di setiap kapal selalu mengalami over heating atau panas yang berlebih. Untuk itu diperlukan sistem pendingin untuk menormalkan suhunya kembali. Over heating dapat membahayakan mesin penggerak utama, oleh sebab itu dibutuhkan kemampuan perawatan sistem pendingin yang benar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara bagaimana perawatan sistem pendinginan pada Mesin penggerak utama tipe G8300ZC30B sebagai penggerak utama di Kapal MV. Nusantara Pelangi 101 milik perusahaan PT. Jatim Perkasa Lines. Pengumpulan data diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini dengan analisa deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah perawatan sistem pendingin mesin utama MV. Nusantara Pelangi 101 sudah berjalan optimal, sistem pendingin menggunakan sistem pendingin tertutup, bagian-bagian yang dirawat meliputi sea chest, pipa, saringan atau filter air laut, S.W Pump, FW Pump,, F.W Cooler, Expansion Tank, dan kran yang sudah sesuai dengan prosedur.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Astriawati, N., & Wibowo, W. (2020). Perawatan Sistem Pendingin Mesin penggerak utama Pada Whell Loader Komatsu Wa120-3cs. Jurnal Teknovasi: Jurnal Teknik Dan Inovasi, 7(2), 76–85.
Hasanah, H. (2017). TEKNIK-TEKNIK OBSERVASI (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial). At-Taqaddum. https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163
Kreith, F, dan Prijono, A. (2000). Prinsip-prinsip Perpindahan Panas. Jakarta: Erlangga.
Kreith, A. (2000). F, dan Prijono,“. Prinsip-Prinsip Perpindahan Panas,” Jakarta: Erlangga.
Maleev, V. L. (1986). Operasi dan pemeliharaan mesin disel: konstruksi, operasi, pemeliharaan dan perbaikan mesin disel. Erlangga, Jakarta.
Martyr, A. J., & Plint, M. A. (2011). Engine testing: theory and practice. Elsevier.
Nilamsari, N. (2014). Memahami studi dokumen dalam penelitian kualitatif. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 13(2), 177–181.
Purjiyono, Astriawati, N., & Santosa, P. S. (2019). Perawatan Sistem Pelumasan Mesin Utama Pada Kapal Km. Mutiara Sentosa II. Jurnal Teknovasi: Jurnal Teknik Dan Inovasi, 6(1), 74–80.
Serrano, J. R., Arnau, F. J., García-Cuevas, L. M., & Farias, V. H. (2021). Oxy-fuel combustion feasibility of compression ignition engines using oxygen separation membranes for enabling carbon dioxide capture. Energy Conversion and Management, 247, 114732.
Soendari, T. (2012). Metode Penelitian Deskriptif. Bandung, UPI. Stuss, Magdalena & Herdan, Agnieszka, 17.
Tambunan, K., Fanani, Z., & Prihajatno, M. (2019). Analisis Laju Perpindahan Panas Sistem Pendingin Air Tawar pada Engine Generator Listrik. Jurnal Airaha, 8(02), 37–44.
Van Maanen, P. (1986). Motor Diesel Kapal. Jakarta: Nautech.
Wibowo, W., & Astriawati, N. (2021). Sistem Pendingin Tertutup Pada Mesin penggerak utama Tipe Diesel MAK 8M32 Sebagai Penggerak Utama Kapal Motor LIT ENTERPRISE. Jurnal POLIMESIN, 19(1), 28–34.
Yuliyanti, F., Budiyono, B., & Prasetyo, I. (2019). Identifikasi Sistem Pendingin Pada Mesin penggerak utama Mitsubishi 100 Ps. Surya Teknika: Jurnal Ilmiah Teknik Mesin, 4(1), 19–24.