Prosedur Clearance In Dan Clearance Out Kapal Milik PT. Salam Pacific Indonesia Lines

Main Article Content

Bellin Fattah Bellin Fattah Iswanto Iswanto Ningrum Astriawati Handoyo Widyanto

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui prosedur clearance in dan clearance out  kapal milik PT. Salam Pacific Indonesia Lines di Pelabuhan Tanjung Priok. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data terbagi menjadi 4 bagian yaitu: metode observasi secara langsung di lapangan,) metode interview atau wawancara dengan kepala cabang beserta staf atau karyawan PT. Salam Pacific Indonesia Lines (SPIL) Cabang Jakarta, metode documenter terkait dengan dokumen yang diperlukan pada saat proses clearance in dan clearance out kapal, metode studi pustaka yang berhubungan dengan prosedur clearance in dan clearance out  kapal. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa di dalam kegiatan clearance in dan clearance out  kapal pihak dinas luar PT. Salam Pacific Indonesia Lines diharuskan melakukan kegiatan tepat dan cepat. Prosedur sudah dilakukan dengan baik. Semua kegiatan sudah terorganisir untuk mengurangi kesalahan saat melakukan kegiatan clearance in dan clearance out  kapal tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles
Author Biography

Iswanto Iswanto, Sekolah Tinggi Maritim Yogyakarta

Penulis dengan status Dosen Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi V DIY yang dipekerjakan pada program studi Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga Akademi Maritim Yogyakarta dengan jabatan Lektor Kepala ini menyelesaikan studi strata 1 nya pada Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Janabadra Yogyakarta yang kemudian melanjutkan ke jenjang strata 2 nya di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi  Mitra Indonesia dan mendapat ijazah. Sampai saat ini aktif melakukan penelitian dan menulis artikel.

References

Anita, S. L., & Asmadewa, I. (2017). Analisis dwelling time impor pada pelabuhan tanjung priok melalui penerapan theory of constraints. Jurnal Perspektif Bea Dan Cukai, 1(1).
Arikunto, S. (2010). Metode peneltian. Jakarta: Rineka Cipta.
Astriawati, N. (2019). Perawatan Sistem Pelumasan Mesin Utama Pada Kapal Km. Mutiara Sentosa II. Jurnal Teknovasi: Jurnal Teknik Dan Inovasi, 6(1), 74–80.
Audi, A., Setiyantara, Y., Astriawati, N., & Suganjar, S. (2021). EVALUASI PELAKSANAAN INERT GAS SYSTEM (IGS) PADA KAPAL TANKER (Studi Kasus Di Kapal MT. Winson No. 5 Milik Perusahaan Winson Oil Singapore). JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI MARITIM, 21(2), 126–140.
Dirhamsyah, D. (2021). PENANGANAN CLEARANCE IN DAN CLEARANCE OUT KAPAL BERBENDERA ASING DENGAN SISTEM INAPORTNET PADA PT. USDASEROJA JAYA CABANG DUMAI. Wahana Inovasi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat UISU, 10(2), 254–264.
Hasanah, H. (2017). TEKNIK-TEKNIK OBSERVASI (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial). At-Taqaddum. https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163
Iswanto, I., & Widyanto, H. (2019). Globalisasi Transportasi dalam Membuka Peluang Usaha Keagenan yang Didukung oleh Program Tol Laut di Indonesia. Majalah Ilmiah Bahari Jogja, 17(1), 86–95.
Nilamsari, N. (2014). Memahami studi dokumen dalam penelitian kualitatif. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 13(2), 177–181.
Pattiasina, P., & Ningrat, A. (2021). Analisis Operasional Bongkar Muat Pada PT. Pelabuhan Indonesia IV (Persero) Terminal Peti Kemas Bitung. Prosiding Seminar Nasional Sinergitas Multidisiplin Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi, 4, 445–455.
Rachmawati, I. N. (2007). Pengumpulan Data Dalam Penelitian Kualitatif: Wawancara. Jurnal Keperawatan Indonesia. https://doi.org/10.7454/jki.v11i1.184
Renindya, B. P. (2020). Pelayanan Keagenan Kedatangan Dan Keberangkatan Kapal Oleh Pt Salam Pacific Indonesia Lines (Spil) Jakarta Dengan Menggunakan Sistem Inaportnet. Unimar Amni.
Samekto, A. A., & Soejanto, S. (2014). Peningkatan Kinerja Perusahaan Ekspedisi Muatan Kapal Laut Melalui Diversifikasi Usaha. Jurnal Manajemen Transportasi & Logistik, 1(1), 1–14.
Situmorang, S. H., Muda, I., Doli, M., & Fadli, F. S. (2010). Analisis data untuk riset manajemen dan bisnis. USUpress.
Soendari, T. (2012). Metode Penelitian Deskriptif. Bandung, UPI. Stuss, Magdalena & Herdan, Agnieszka, 17.
Sugeng, C., & Palippui, H. (2021). ANALISIS STRATEGI LOGISTIK (STUDI KASUS: PELAYANAN PETIKEMAS DI MAKASSAR NEW PORT). SENSISTEK: Riset Sains Dan Teknologi Kelautan, 60–66.
Suryantoro, B., Punama, D. W., & Haqi, M. (2020). Tenaga Kerja, Peralatan Bongkar Muat Lift On/Off, Dan Efektivitas Lapangan Penumpukan Terhadap Produktivitas Bongkar Muat Peti KEMAS. Jurnal Baruna Horizon, 3(1), 156–169.
Undang-Undang Republik Indonesia No. 17 Tahun 2008. (2008). Undang Undang Tahun 2008 tentang Pelayaran. Jakarta.
Wibowo, W., & Astriawati, N. (2021). Sistem Pendingin Tertutup Pada Mesin Diesel Tipe Diesel MAK 8M32 Sebagai Penggerak Utama Kapal Motor LIT ENTERPRISE. Jurnal POLIMESIN, 19(1), 28–34.
Wijaya, A., Sisca, S., Silitonga, H. P., Candra, V., Butarbutar, M., Sinaga, O. S., Hasibuan, A., Efendi, E., Priyojadmiko, E., & Simarmata, J. (2020). Manajemen Operasi Produksi. Yayasan Kita Menulis.