Pemasangan Zinc Anoda Protection (ZAP) sebagai Perlindungan Aktif Korosi pada Kapal

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Benny Hartanto Salim Salim

Abstrak

Pemeliharaan kapal merupakan suatu keharusan yang harus dilaksanakan. Diantara pemeliharaan adalah pencegahan korosi. Korosi suatu kapal tidak dapat dihilangkan, melainkan hanya dapat diturunkan tingkat keganasannya. Pencegahan korosi ada dua macam yaitu pencegahan secara pasif dan pencegahan aktif. Pencegahan pasif yang umum dilakukan yaitu dengan cara pengecatan, sedangkan pencegahan aktif yaitu dengan cara pemasangan Zinc Anoda Protection (ZAP). Kebutuhan ZAP pada kapal tergantung dari luas permukaan basah kapal, periode penggantian, jenis material dari ZAP serta ukuran dari ZAP. Pemasangan ZAP pada kapal umumnya dengan cara dibaut di lambung kapal. Jarak diantara lempengan yang satu dengan yang lainya tidak sama. Penempatan ZAP dipasang pada bagian aliran yang relatif besar sekitar lunas dan yang terletak pada daerah pusaran sekitar baling-baling dipasang lebih rapat dari daerah lain.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Bagian
Articles

Referensi

Barokah, B., Semin, S., Kaligis, D.D., Huwae, J., Fanani, M Z. & Rompas, P T D. (2018). Characteristics from Recycled of Zinc Anode used as a Corrosion Preventing Material on Board Ship. Published under licence by IOP Publishing Ltd.
Binkoosky, D. (1983). Tecnology of Ship Repairing, Moscow.
Blount, F. E. (1989). Electrochemical Principles of Cathodic Protection Corrosion Control. NACE.
Jatmiko, Sukanto (2009). Studi Komparasi Proteksi Kathodik Antara Anoda Zink Dengan Anoda Aluminium Setelah Diaplikasikan Pada Tug Boat Universal Dan Tug Boat Mariner,” Kapal, Undip, Semarang ISSN 1829 - 8370.
Paulus Andrianto. (1985). Cara Melindungi Korosi Yang Di sebabkan Air Laut pada Badan Kapal, Majalah Ilmiah Populer, Fakultas Teknik Kelautan ITS, Surabaya.
Revie, R. W. & Uhlig H. H. (2008). Iron and Steel, Corros. Control an Introduction to Corros. Sci. Eng. 4th ed. Hoboken Wiley-Interscience.
Soekotjo (1985). Perawatan Badan Kapal. Majalah Ilmiah Populer. Fakultas Teknik Kelautan ITS, Surabaya.
Sudjasta B., Suranto, P. J. & Setiani, H. (2018). Analisis Kebutuhan Pemasangan Zink Anode Untuk Mencegah Korosi Pada Lambung Kapal Kapal General Cargo, Bina Tek., vol. 14, no. 2, pp. 209-215.
Utami (2012). Proteksi Katodik Dengan Anoda Tumbal Sebagai Pengendalian Korosi Baja Dalam Lingkungan Aqueous, J. Tek. Kim., vol. 3, no. 2, pp. 240–245.