Pengaruh Fasilitas dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengguna Jasa di Pelabuhan Tanjung Balai Karimun

Main Article Content

Atria Maharani Windy Millantri Ariesta

Abstract

Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui pengaruh fasilitas dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengguna jasa. Populasi dalam penelitian adalah penumpang yang ada di Pelabuhan Tanjung Balai Karimun. Respoden dalam penelitian ini sebanyak 100 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan data primer melalui kuesioner menggunakan skala likert untuk mengukur 30 pernyataan indikator. Analisis data menggunakan teknik analisis regresi linier berganda, uji T, uji F. Dari hasil penelitian, disimpulkan bahwa fasilitas dan kualitas pelayanan sangat berpengaruh terhadap kepuasan pengguna jasa, artinya semangkin baik fasilitas & kualitas pelayanan yang diberikan, maka semangkin tinggi kepuasan yang dirasakan konsumen, dan sebaliknya semakin buruk fasilitas dan kualitas pelayanan, maka semakin rendah kepuasan yang dirasakan konsumen.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Amirtha, Vembrianti (2018). “Kualitas Pelayanan Jasa Pada Terminal Penumpang Di Pelabuhan Penyeberangan Kabupaten Bone”. Skripsi. Prodi Administrasi Negara, Universitas Hasanuddin

Andari, Clara Lintang Sistiyo (2017). “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasn Pengujung The Sila’s Agrotourism”. Skripsi, (Prodi Ekonomi)

Endang Dan Sugiyanto (2019). “Pengaruh Fasilitas Dan Kualitas Pelaynaan Terhadap Kepuasan Pengguna Gudang Komoditi System Resi Gudang Kabupaten Bojonegoro”. Jurnal Volume 4 No 3 Oktober 2019 p-ISSN:2502-3780, e-ISSN:2621-881X https://pelindo.co.id/port/pelabuhan-tanjung-balai-karimun

Nelsi Dalame (2020). “Pengarh Fasilitas Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pelabuhann Batu Ampar Batam”. Skripsi. (Prodi Manajemen Universitas Putera Batam)

PM No 37 Tahun 2015 Tentang Standar Pelayanan Penumpang Angkutan Laut

Putri, Ratna Melinda (2021). “Pelayanan Terhadap Kepuasan Penumpang Pengguna Trans Batam Di Koridor Sekupang Jodoh”. Skripsi Thesis.