https://jurnal.stimaryo.ac.id/index.php/MIBJ/issue/feed Majalah Ilmiah Bahari Jogja 2025-03-10T01:59:43+00:00 Ningrum Astriawati [email protected] Open Journal Systems <p><a href="http://jurnal.stimaryo.ac.id/index.php/MIBJ/index">Majalah Ilmiah Bahari Jogja</a> is a peer-reviewed electronic journal published by Sekolah Tinggi Maritim Yogyakarta. The journal publishes research and literature review articles related to maritime sciences, (shipping, marine, navigation, machinery, etc.), management and policy science, and transportation science. <a href="http://jurnal.stimaryo.ac.id/index.php/MIBJ/index">Majalah Ilmiah Bahari Jogja</a> publishes its issues biannually, in February and July. Submitted papers can be written in English, Bahasa Indonesia or other international languages for the initial review stage by editors and further review process by our reviewers.</p> https://jurnal.stimaryo.ac.id/index.php/MIBJ/article/view/391 Mekanisme Pengajuan Permohonan Bunker Bahan Bakar untuk Kapal di Pelabuhan Cilacap 2025-03-10T01:59:43+00:00 Sahudiyono Sahudiyono [email protected] Slamet Pamujianto [email protected] Arneta Fitri Kirana [email protected] Firmansyah Firmansyah [email protected] <p>PT. Arghaniaga Pancatunggal Cabang Cilacap merupakan salah satu agent bunker resmi dari PT. Pertamina yang akan melakukan Supply bunker atau menyediakan bahan bakar dengan Sistem Ship to Ship melalui MT. Anugerah Dewi 2. Beberapa hal yang menjadi kendala dalam Supply bunker kapal seperti cuaca yang tidak bagus, kurangnya koordinasi antara ship owner, perusahaan keagenan dan perusahaan agen bunker dalam pengurusan dokumen pendukung supply bunker. Terjadi selisih perhitungan sounding antara kapal Supply bunker dengan sounding receiving bunker dikarenakan human eror. Kurang maksimalnya kedisiplinan Crew selama proses pelaksaan Supply bunker berlangsung. Sistem eror pada web inaportnet, phinnisi dan ibs pelindo ketika dilakukan penginputan data. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dalam hal ini sesungguhnya adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data-data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Hasil dari penelitian ini bahwa PT. Arghaniaga Pancatunggal setelah mengetahui informasi tersebut langsung melakukan follow up kepada ship owner atau kepada kapten dari masing-masing kapal dengan menawarkan harga yang ditawarkan, jumlah bahan bakar, metode pembayaran yang digunakan serta tempat pelaksanaan kegiatan.</p> 2025-03-10T01:59:43+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.stimaryo.ac.id/index.php/MIBJ/article/view/392 Penyebab Penyumbatan Sistem Instalasi Bahan Bakar Terhadap Sistem Operasional Kerja Mesin Diesel Penggerak Utama 2025-03-04T02:51:03+00:00 Josua Andre Rhisdo T [email protected] Yeyen Herlina [email protected] Abdurohman Abdurohman [email protected] <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor penyebab terjadi penyumbatan pada Sistem Instalasi bahan bakar pada kapal MV. Tanto Damai dan upaya apa yang dilakukan untuk mencegah penyumbatan pada Sistem Instalasi bahan bakar pada kapal MV. Tanto Damai. Metode pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. faktor penyebab sehingga kinerja instalasi bahan bakar tidak maksimal, dan faktor tersebut berupa tersumbatnya filter karena kondisi bahan bakar yang kotor, kinerja Purifier yang terhambat, pengecilan saluran atau sambungan saluran instalasi pipa bahan bakar dan kinerja heater atau pemanas yang kurang maksimal. Masalah utama terhambatnya kinerja mesin induk pada kapal MV. TANTO DAMAI karena instalasi bahan bakar yang tidak bekerja secara maksimal dalam mengoperasikan bahan bakar ke mesin- mesin dalam instalasi kapal. Solusi untuk mengatasi masalah tersebut diantaranya membersihkan filter bahan bakar, Quality control terhadap instalasi pipa bahan bakar, melakukan perawatan pada purifier dan mengganti injector yang sudah tersumbat.</p> 2025-03-04T02:51:02+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.stimaryo.ac.id/index.php/MIBJ/article/view/385 Strategi Mengatasi Rendahnya Tekanan Udara pada Sewage Treatmeant Plant di MT Sea Senor 2025-03-04T02:43:52+00:00 Achsya Fadhil Yuliano [email protected] Darul Prayogo [email protected] Imam Safi’i [email protected] <p>Sewage treatment plant merupakan permesinan atau instalasi yang berfungsi untuk mengolah limbah dimana proses penguraiannya tersebut dibantu dengan supply udara bertekanan yang dihasilkan oleh blower. Berdasarkan pengalaman peneliti pada saat melakukan penelitian, terjadi masalah ketika tekanan udara yang memasok udara ke aeration tank mengalami penurunan dibawah tekanan normal, atau hanya sebesar 0,2 bar, yang seharusnya tekanannya adalah sebesar 0,6 bar. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor penyebab, dampak serta upaya untuk mengatasi rendahnya tekanan udara pada aeration blower tersebut. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik analisis data menggunakan fishbone diagram analysis untuk menemukan akar penyebab dari permasalahan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tekanan udara yang rendah disebabkan oleh carbon blade yang telah aus sehingga blower tidak dapat menghisap dan mendorong udara dengan kuat. Faktor lain yang menyebabkan ialah kebocoran pada sistem saluran udara yang menuju ke tangki karena fitting yang bocor. Dampak yang ditimbulkan adalah terhambatnya proses penguraian pada sewage treatment plant . Upaya penanganan yang dilakukan terhadap rendahnya tekanan udara pada Sewage treatment plant adalah dengan mengganti carbon blade dengan suku cadang baru dan penggantian dan perbaikan fitting saluran udara.</p> 2025-03-04T02:43:51+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.stimaryo.ac.id/index.php/MIBJ/article/view/389 Optimalisasi Perpanjangan Buku Pelaut Online Di Kantor Kesyahbandaran Dan Otoritas Pelabuhan Khusus Batam 2025-03-03T07:29:36+00:00 Syahira Syahira [email protected] Iing Mustain [email protected] Elis Suswati [email protected] <p>Layanan Buku Pelaut pada KSOP Khusu Batam sebelumnya masih bersifat manual. Seiring dengan perkembangan teknologi informasi, saat ini layanan Buku Pelaut menjadi bersifat online. Namun layanan bersifat online masih diperlukan optimalisasi karena terdapat kendala. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Tempat penelitian dilakukan di Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Khusus Batam pada Bidang Kelaiklautan Kapal Seksi Status Hukum Kapal. Pengambilan sampel dilakukan pada buku pelaut yang mengajukan perpanjangan dari 240 pengajuan diambil 24 sampel. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Waktu penelitian dari bulan Februari hingga Agustus 2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil layanan perpanjangan buku pelaut secara online pada KSOP Khusus Batam rata-rata berjumlah 210 – 246 buku pelaut yang menunjukkan jumlah setiap bulan. Dalam mengoptimakan layanan perpanjangan buku pelaut baik itu dari gangguan sistem dan kurang pemahaman dari pelaut bisa dilakukan upaya dengan di manualkan buku pelautnya baru di onlinekan lagi, dan untuk kurang pahamnya tentang informasi bisa diberikan arahan dan sosialisasi tentang perpanjangan buku pelaut online, kedisiplinan waktu kerjanya, dan penambahan orang di bagian layanan. Pemenuhan fasilitas yang memadai untuk pelayanan buku pelaut, penyelenggaraan pelayanan dan juga harus ditetapkan standar sarana dan prasarana pelayanan yang memadai oleh penyelenggara pelayanan publik.</p> 2025-03-03T07:29:36+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.stimaryo.ac.id/index.php/MIBJ/article/view/384 Bibliometrik Analisis Tentang Ballast water management Plan Di Atas Kapal 2025-02-28T01:07:47+00:00 Kundori Kundori [email protected] Suganjar Suganjar [email protected] <p>Penelitian ini memaparkan topik atau tren penelitian tentang ballast water management di atas kapal untuk memberikan peluang bagi penelitian selanjutnya tentang topik-topik yang memiliki kebaruan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari tren publikasi penelitian berdasarkan negara penulis, informasi penelitian berdasarkan nama penulis, dan tren penelitian berdasarkan tahun terbit artikel. Metode yang digunakan adalah analisis bibliometrik dengan cara mengidentifikasi topik penelitian yang berhubungan tentang ballast water management onboardship dengan memasukkan kata kunci “ballast water management” pada database scopus. Hasil didapatkan dokumen sebanyak 544 artikel. Analisis ini menghasilkan 4 cluster penelitian. Penelitian ini menghasilkan sebanyak 2627 kata kunci dan ditemukan sebanyak 78 pertemuan dari kata kunci. Pada cluster 1 ditemukan banyak penelitian dengan kata kunci environmental management. kata kunci ini banyak berhubungan dengan peralatan pencegahan pencemaran dari ballast water. sedangnkan cluster 2 banyak ditemukan kata kunci bacteria yang berhubungan jenis mikro organisme pada air ballast, selanjutnya cluster 3 banyak ditemukan kata kunci International Maritime organization yang berhubungan dengan peraturan internasional tentang pencemaran air ballast. Dalam mencegah dampak pencemaran limbah kapal yang berasal dari pengisian air ballast dapat di atasi dengan menggunakan ballast water management plan.</p> 2025-02-28T01:07:47+00:00 ##submission.copyrightStatement##