Perencanaan Serta Pengembangan Sumber Daya Manusia Dalam Inovasi Pendidikan kemaritiman -

Main Article Content

Tini Utami M.Aji Luhur Pambudi

Abstract

Perbincangan mengenai inovasi pendidikan kemaritiman menunjukkan bahwa inovasi pendidikan kemaritiman yang sedang dilaksanakan mendapat perhatian dan tanggapan dari banyak pihak. akhir-akhir ini pelaksanaan inovasi pendidikan kemaritiman telah banyak dilakukan diantaranya waktu belajar, isi pelajaran, cara mengajar atau tujuan pengajaran, tetapi masih nampak bahwa hasilnya belum berjalan seperti yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan dan pengembangan sumber daya manusia yang efektif dalam inovasi pendidikan kemaritiman, sehingga dengan inovasi pendidikan kemaritiman yang tepat maka tujuan pendidikan kemaritiman akan tercapai seperti yang diharapkan. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif yang berfokus pada permasalahan atas dasar fakta yang dilakukan dengan cara pengamatan, wawancara dan mempelajari dokumen. Hasil penelitian menggambarkan bahwa dalam beberapa hal masih harus diadakan perubahan, dan hal-hal tertentu masih perlu dimantapkan serta dikembangkan, terutama bagi sumber daya manusia sebagai pelaksananya, banyak yang berpendapat bahwa dasar untuk pengembangan inovasi pendidikan kemaritiman masih perlu banyak perbaikan dan diperkuat. Untuk memantapkan dasar itu perlu diperhatikan semua komponen yang terlibat di dalamnya. Salah satu komponen itu adalah tenaga pengajar sebagai sumber daya manusia yang melaksanakan inovasi itu. Masih ada tenaga pengajar terutama yang senior belum terlibat secara optimal. Oleh karena itu dalam menghadapi masa depan seharusnya juga melihat masa lampau dan membuat perencanaan sekaligus pengembangan mengenai inovasi pendidikan kemaritiman.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Agusta, G. E., Astriawati, N., Santosa, P. S., Wibowo, W., & Widyanto, H. (2023). Pendampingan Adaptasi Teknologi Untuk Mengoptimalkan Pengolahan Evaluasi Hasil Belajar Siswa. Progresif: Jurnal Pengabdian Komunitas Pendidikan, 3(2), 46–51.

Akbar, J. S., Dharmayanti, P. A., Nurhidayah, V. A., Lubis, S. I. S., Saputra, R., Sandy, W., Maulidiana, S., Setyaningrum, V., Lestari, L. P. S., & Ningrum, W. W. (2023). Model & Metode Pembelajaran Inovatif: Teori Dan Panduan Praktis. Pt. Sonpedia Publishing Indonesia.

Astriawati, N., Agusta, G. E., & Pratama, H. A. (2021). Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Melalui Pelatihan Penggunaan Media Ict. Selaparang Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(3), 562–567.

Astriawati, N., Dekanawati, V., & Satriawan, M. (2023). Digital Leadership Kemaritiman Dalam Perspektif Generasi Millenia:(Studi Kasus: Pemilihan Komandan Senat Batalyon Taruna Stimaryo). Jurnal Ilmiah Kemaritiman Nusantara, 3(1), 30–37.

Astriawati, N., Santosa, P. S., Wibowo, W., Hartanto, B., & Setiyantara, Y. (2022). Indonesian Maritime E-Leadership Training Towards A Digital-Based Marine Transportation System. International Journal Of Community Service (Ijcs), 2(4), 435–441.

Harini, H., Prananosa, A. G., & Terminanto, A. A. (2023). Inovasi Teknologi Dalam Meningkatkan Efisiensi Manajemen Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat Di Era Digital. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 12891–12897.

Iswahyudi, M. S., Irianto, I., Salong, A., Nurhasanah, N., Leuwol, F. S., Januaripin, M., & Harefa, E. (2023). Kebijakan Dan Inovasi Pendidikan: Arah Pendidikan Di Masa Depan. Pt. Sonpedia Publishing Indonesia.

Jannah, M. (2021). Manajemen Sumber Daya Manusia.

Muktamar, A., & Pinto, J. (2023). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Dalam Meningkatkan Kinerja Organisasi Pendidikan. Journal Of International Multidisciplinary Research, 1(2).

Nurnaningsih, A., Norrahman, R. A., & Wibowo, T. S. (2023). Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Dalam Konteks Manajemen Pendidikan. Journal Of International Multidisciplinary Research, 1(2), 221–235.

Octavia, S. A. (2019). Sikap Dan Kinerja Guru Profesional. Deepublish.

Prakoso, W. A., & Sulastri, S. (2023). Tantangan Dan Strategi Pengelolaan Sumber Daya Manusia Pada Lembaga Pendidikan. Al-Azkiya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Mi/Sd, 8(2), 194–215.

Pratama, H. A., Pratama, W., Wibowo, W., & Astriawati, N. (2023). Online Learning Evaluation Of Moodle-Based Quality Assurance Management On Self-Regulated Learning Capabilities. Asian Journal Of Management, Entrepreneurship And Social Science, 3(04), 1044–1057.

Pratama, W., Wibowo, W., Astriawati, N., & Sahudiyono, S. (2023). Online Seminar On The Protection Of Indonesian Seafarers In The National Shipping Industry. Ijcs: International Journal Of Community Service, 2(2), 160–173.

Rahmi, S. R. S. (2019). Perencanaan Sdm Melalui Manajemen Strategik Di Lembaga Pendidikan. Intelektualita, 5(1).

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif (Qualitative Research Approach). Deepublish.

Rukin, S. P. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.

Safitri, D., & Sos, S. (2019). Menjadi Guru Profesional. Pt. Indragiri Dot Com.

Sari, D. C., Purba, D. W., & Hasibuan, M. S. (2019). Inovasi Pendidikan Lewat Transformasi Digital. Yayasan Kita Menulis.

Suseno, B. D., Nuryanto, U. W., Fidziah, F., Silalahi, S., Saefullah, E., Saleh, M., Tabroni, T., Abduh, E. M., Salapudin, S., & Quraysin, I. (2023). Manajemen Sumber Daya Manusia.

Warsita, B. (2007). Peranan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh. Jurnal Teknodik, Xi, 20, 9–41.