KOMPETISI DALAM MENDAPATKAN PANGSA PASAR MUATAN EKSPOR IMPOR BAGI PERUSAHAAN PELAYARAN DI INDONESIA

Main Article Content

Iswanto Iswanto

Abstract

Pasar Impor dan ekspor saat ini sangat menjanjikan bagi dunia perdagangan internasional  dengan kurs rupiah yang berlaku saat ini terhadap dolar menyebabkan gairah menggali rupiah di dalam negeri semakin baik. Namun bagi pasar internasional suatu negara tidak akan berpengaruh apabila antara pasar impor dan ekspor merimbang sehingga akan memberi nilai positif apabila ekspornya memberikan nilai  surplus bagi perdagangan internasional.


Berkenaan dengan tersebut khususnya bagi angkutan laut akan sangat dipengaruhi oleh aktifitas keduanya yaitu kegiatan impor dan ekspor. Apabila kegiatan impor dan ekspor baik maka akan memberikan keuntungan bagi penyelenggaraan angkutan laut. Hal ini tidak kalah pentingnya bagi perusahaan dalam mencari pangsa  pasar baik pengangkutan untuk impor maupun ekspor dalam aktifitas perdagangan internasionalnya.


Beberapa hal yang bisa dijadikan indikator agar mendapatkan pangsa pasar yang baik perlu memperhatikan :  Pelayanan, Waktu Transit dan Perjalanan Kapal, Lalu lintas Kapal. Ketersediaan Tempat di Kapal, Ketersediaan Kontainer, Tariff dan Harga, Dokumen dan  Paska Pelayanan.indikator ini akan sangat menentukan dalam merebut pangsa pasar.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Engkos Kosasih dan Ananto Soewedo 2007 Manajemen Keuangan & Akuntansi perusahaan Pelayaran edisi 1, PT Raja Grafindo Persada Jakarrta.

Engkos Kosasih dan Ananto Soewedo 2007 Manajemen Perusahaan Pelayaran Suatu Pendekatan Praktis dalam Bidang Usaha Pelayaran, edisi 1, PT Raja Grafindo Persada Jakarrta.

Suyono RP M Mar 2007 Shipping Pengangkutan Intermodal Ekspor impor melalui laut Edisi ke empat , Penerbit PPM Jakarta

Raja Oloan Saut Gurning ST.MSc.Martech.MIMarEST dan Eko Hariyadi Budiyarto, Ak, MM, MSc:2007 Manajemen Bisnis Pelabuhan, Cetakan pertama APE Publishing.

Suranto, SE.2004 Manajemen Operasional Angkutan Laut dan Kepelabuhanan serta Prosedur Impor Barang PT Gramedia Pustaka Utama Jakarta.
Wisnu Rudy Herdono Kepala cabang PT CMA/CGM 2012 Makalah Seminar Sehari Teknik Meraih Pangsa Pasar Muatan Ekspor Impor Semarang

UNDANG-UNDANG Replublik Indonesia Nomor 17 Taghun 2008 tentang Pelayaran

pkps.bappenas.go.id/dokumen/ uu/Uu%2520Sektor/Pelayaran